Reconstruction of E-Module of Circular Motion Based Guided Inquiry Rekontruksi E-Modul Gerak Melingkar Berbasis Inkuiri Terbimbing

Main Article Content

Suci Prihatiningtyas
Siti Alimah

Abstract

This study aims to determine the feasibility of the E-Module Circular Motion Based Guided Inquiry. This research is a research development or Research and Development (R&D) with the ADDIE model. The research instrument used was a validation sheet by the validator and student response questionnaires. The results of the validation sheet and student response questionnaires were assessed based on the Likert scale. The results of data analysis from the validation results of the E-Module Circular Motion Based on Guided Inquiry obtained a percentage of 92,02%. This shows that in general the E-Module Circular Motion Based on Guided Inquiry that was developed is very feasible to be used in learning circular motion material in class X SMK. E-Module Circular Motion Based on Guided Inquiry is a medium that can attract the attention of students.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad, Ksina. Lestari, I. (2010). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERKEMBANGAN ANAK USIA SD SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI MAHASISWA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22, 183–193.
Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97–101. https://doi.org/10.21009/jkkp.042.07
Antasari, N. (2017). PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING SISWA KELAS V. II(III), 1–13.
Arsanti, M. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PENULISAN KREATIF BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BAGI MAHASISWA PRODI PBSI , FKIP , UNISSULA Meilan Arsanti Email : meilanarsanti@unissula.ac.id Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Fakulta. Jurnal Kredo, 1(2), 71–90.
Hafsah, Nandya R. J, Rohendi, Dedi, P. (2016). Penerapan media pembelajaran modul elektronik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 106–112.
Hamdi, Halim, A., & Pontas, K. (2015). Pendidikan Mipa Fkip Unigha Sigli. 03(02), 22–34. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/3442
Ihwanudin, M., Astuti, B., Yulianto, A., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2018). Unnes Physics Education Journal Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Integrated Berbasis Komplementasi Ayat-Ayat Al-Quran. Upej, 7(3), 36–42. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Juliana, S. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMPN 5 SIAK KECIL KECAMATAN SIAK KECIL KABUPATEN BENGKALIS Salfilla Juliana. 2(4), 530–539.
Kusumam, A., & Hasan, B. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 28–39.
Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513
Surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (covid-19), 3 (2020). http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 9 tahun 2020 tentang pedoman pembatasan sosial berskala besar dalam rangka percepatan penanganan corona virus disease 2019 (covid-19), 1 (2020).
Metaputri, N. K., & Garminah, N. N. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, jilid 49(2), 89–97.
Mulawarman, U. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING ( GUIDED INQUIRY ) DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pembelajaran yang berpusat pada siswa . Namun kenyataannya kegiatan be. 18(1), 49–63.
Muqodas, Rizal zaenal, Sumardi, Kamin, Berman, E. tawali. (2015). DESAIN DAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERDASARKAN PENDAHULUAN Salah satu faktor pendukung terhadap keberhasilan penerapan kurikulum 2013 yang berlaku saat ini adalah ketersediaan perangkat pembelajaran yang layak dan relevan . Perangkat pembelajaran mencakup re. Jurnal of Mechanical Engineering Education, 2(1), 106–115.
Premana, M. Y., Suharsono, N., & Tegeh, M. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Produksi Gambar 2D untuk Bidang Keahlian Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran, 3, 5–11.
Prihatiningtyas, S., Fatikhatun, ), Sholihah, N., Universitas, ), Wahab Hasbullah, K. A., Garuda, J., 09, N., & Jombang, T. (2020). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Project Based Learning E-Module to Teach Straight-Motion Material for Prospective Physics Teachers. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 223–234. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i3.3442
Sari, Rahmi maiyunda, Rusdi, Maulidiya, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(1), 31–39.
Sari, I. P. (2018). Implementasi Model Addie Dan Kompetensi Kewirausahaan Dosen Terhadap Motivasi Wirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(1), 83–94. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n1.p83-94
Siregar, L. R., Harlin, & Syofii, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik Mata Kuliah Diagnosis Kendaraan Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwajaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4(1), 45–50.
Sumarni, S., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SMA ( STUDI PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN ) THE EFFECT OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL TO THE COGNITIVE ACHIEVEMENT OF STUDENTS IN SMA NEGERI 01 MANOKWARI. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1), 21–30.
TANIA, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1–9.
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas Xi Ips Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1–7. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463
Ahmad, Ksina. Lestari, I. (2010). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERKEMBANGAN ANAK USIA SD SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI MAHASISWA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22, 183–193.
Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97–101. https://doi.org/10.21009/jkkp.042.07
Antasari, N. (2017). PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING SISWA KELAS V. II(III), 1–13.
Arsanti, M. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PENULISAN KREATIF BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BAGI MAHASISWA PRODI PBSI , FKIP , UNISSULA Meilan Arsanti Email : meilanarsanti@unissula.ac.id Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Fakulta. Jurnal Kredo, 1(2), 71–90.
Hafsah, Nandya R. J, Rohendi, Dedi, P. (2016). Penerapan media pembelajaran modul elektronik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 106–112.
Hamdi, Halim, A., & Pontas, K. (2015). Pendidikan Mipa Fkip Unigha Sigli. 03(02), 22–34. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/3442
Ihwanudin, M., Astuti, B., Yulianto, A., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2018). Unnes Physics Education Journal Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Integrated Berbasis Komplementasi Ayat-Ayat Al-Quran. Upej, 7(3), 36–42. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Juliana, S. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMPN 5 SIAK KECIL KECAMATAN SIAK KECIL KABUPATEN BENGKALIS Salfilla Juliana. 2(4), 530–539.
Kusumam, A., & Hasan, B. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 28–39.
Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513
Surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (covid-19), 3 (2020). http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 9 tahun 2020 tentang pedoman pembatasan sosial berskala besar dalam rangka percepatan penanganan corona virus disease 2019 (covid-19), 1 (2020).
Metaputri, N. K., & Garminah, N. N. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, jilid 49(2), 89–97.
Mulawarman, U. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING ( GUIDED INQUIRY ) DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pembelajaran yang berpusat pada siswa . Namun kenyataannya kegiatan be. 18(1), 49–63.
Muqodas, Rizal zaenal, Sumardi, Kamin, Berman, E. tawali. (2015). DESAIN DAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERDASARKAN PENDAHULUAN Salah satu faktor pendukung terhadap keberhasilan penerapan kurikulum 2013 yang berlaku saat ini adalah ketersediaan perangkat pembelajaran yang layak dan relevan . Perangkat pembelajaran mencakup re. Jurnal of Mechanical Engineering Education, 2(1), 106–115.
Premana, M. Y., Suharsono, N., & Tegeh, M. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Produksi Gambar 2D untuk Bidang Keahlian Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran, 3, 5–11.
Prihatiningtyas, S., Fatikhatun, ), Sholihah, N., Universitas, ), Wahab Hasbullah, K. A., Garuda, J., 09, N., & Jombang, T. (2020). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Project Based Learning E-Module to Teach Straight-Motion Material for Prospective Physics Teachers. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 223–234. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i3.3442
Sari, Rahmi maiyunda, Rusdi, Maulidiya, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(1), 31–39.
Sari, I. P. (2018). Implementasi Model Addie Dan Kompetensi Kewirausahaan Dosen Terhadap Motivasi Wirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(1), 83–94. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n1.p83-94
Siregar, L. R., Harlin, & Syofii, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik Mata Kuliah Diagnosis Kendaraan Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwajaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4(1), 45–50.
Sumarni, S., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SMA ( STUDI PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN ) THE EFFECT OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL TO THE COGNITIVE ACHIEVEMENT OF STUDENTS IN SMA NEGERI 01 MANOKWARI. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1), 21–30.
TANIA, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1–9.
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas Xi Ips Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1–7. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463
Sudjana, N. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito, 168.

Ramadhona, S. F., Caska, C., & Trisnawati, F. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X Jurusan IPS SMA Negeri 1 Kundur (Doctoral dissertation, Riau University).